Selamat datang di blog SMA Negeri 1 Bireuen Semoga dapat menambah informasi dan pengetahuan anda

Sabtu, 09 April 2011

UN Tahun Ini Gunakan Lima Paket Soal

Banda Aceh - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) serentak akan diadakan pada tanggal 18-22 April 2011. Tapi pada pelaksanaan UN tahun ini ada dua hal yang berbeda dari tahun lalu. Perbedaan tersebut terletak pada penentuan kelulusan dan paket soal ujian. 
“Pemerintah menerapkan lima paket soal untuk kemurnian ujian nasional ini. Supaya anak tidak mencontoh. Jika dalam satu ruang ada 20 anak, berarti hanya ada empat orang yang soalnya sama,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga (Disdikpora) Banda Aceh , Sofyan Sulaiman, Jum’at (8/4) yang di temui The Globe Journal di kantornya.
Kemudia Dia menjelaskan bahwa untuk kelulusan pada tahun ini tidak hanya ditentukan oleh nilai UN saja, tapi juga dari nilai Ujian Sekolah dan nilai ujian semester juga. “Ada rumus untuk menentukan nilai kelulusan tahun ini, yaitu menggabungkan nilai UN dan Ujian Akhir sekolah, sehingga di dapat nilai kelulusan 5,5,” jelasnya.
Untuk meningkatkan kelulusan para siswa, mereka sudah mengadakan dua kali try-out yang diikuti oleh seluruh siswa SMA sekota Banda Aceh. Target kelulusan para siswa pada try-out pertama yang diadakan oleh Disdikpora ini meningkat hampir 70%.
Peserta ujian nasional  kali ini berjumlah 3.662 siswa dari tingkat SMA dan 846 siswa dari tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk tim pemantau UN, Sofyan menyebutkan,“Masih ada tim pemantau untuk UN nanti. Pengawasnya  masih sama seperti tahun lalu, yaitu ada tim pengawas dari Unsyiah,” tuturnya.
Saat ditanya tentang SMS yang beredar dikalangan siswa tentang jawaban UN, dia sudah mengantisipasi kepala sekolah kalau ada SMS yang beredar di kalangan murid tersebut tidak usah dihiraukan, karena juga bisa meresahkan para siswa. “Jangan hiraukan SMS tidak jelas. Percaya diri dengan kemampuan diri. Lebih baik hasil kerja keras sendiri dari pada menengadah pada orang,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar