Selamat datang di blog SMA Negeri 1 Bireuen Semoga dapat menambah informasi dan pengetahuan anda

Rabu, 23 Februari 2011

Jangan Takut dan Curang di UN 2011

Banda Aceh — Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 yang beberapa bulan lagi dilangsungkan diseluruh Indonesia termasuk Aceh, diharapkan tidak lagi menjadi momok yang menakutkan.

“Dari anggapan demikian, maka akan melahirkan berbagai modus kecurangan sebagaimana pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya,” ujar Ketua Koalisi Barisan Guru Bersatu (KoBar-GB) Aceh, Sayuthi Aulia dalam seminar bertajuk “Sisi Lain UN 2011 yang Fenomenal” di Aula Dinas Pendidikan Aceh, Minggu (30/1).

Sayuthi mengungkapkan, contoh modus operandi kecurangan UN khususnya di Aceh, para kepala dinas pendidikan di kabupaten kota awalnya membuat rapat dengan kepala sekolah dan menghimbau agar para siswa bisa terbantu dalam ujian nantinya.

“Kemudian para oknum kepala sekolah ini membuat rapat gelap dengan para guruan yang terlibat dalam panitia UN dengan membicarakan cara membantu siswa dan mengatur modus operandi untuk menolong siswa menjawab soal UN,” paparnya.

Tidak hanya itu, sebut Sayuthi, dari beberapa pengakuan siswa yang mengikuti UN, ada yang tidak sempat membuka soal dan langsung menjawab di lembar jawaban.

“Jawaban soal-soal tersebut sudah ada di telepon genggam miliknya. Ada yang mengaku jawaban itu dikirim oleh saudaranya yang memang berprofesi sebagai guru. Tidak hanya untuk satu mata pelajaran saja, tapi untuk semua kunci jawaban tersebut telah didapatkannya,” kata Sayuthi.

Fakta lain, menurut dia, yang mengindikasikan UN curang adalah hasil Try Out dengan hasil UN sendiri cukuplah jauh berbeda. “Jika hasil Try Out persentase kelulusan siswa hanya 20 hingga 30 persen saja, namun hasil dari UN sendiri justru 90 hingga 98 persen malahan tingkat kelulusannya,” timpal Sayuthi.

Karena itu, pihaknya mengharapkan penentuan kelulusan siswa tidak hanya berpedoman pada nilai yang didapat saat UN, tapi juga dengan melibatkan peran guru dalam memberi penilaian lainnya seperi nilai moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar